Pages

Sabtu, 29 September 2012

Kembang Api

Bukanlah hal asing lagi jika kita mendengar dan melihat Kembang api atau fireworks. Semua orang dari segala usia (anak-anak, remaja dan orang tua) di seluruh dunia pasti pernah melihat ini (kembang api). Bentuk yang bermacam-macam dan memiliki nilai artistik jika digunakan dengan menggunakan jiwa seni. Warna yang memancar di langit sangatlah beragam dan terlihat luar biasa cantiknya. Kembang api sendiri paling sering digunakan ketika merayakan suatu hal seperti merayakan tahun baru atau festival. Bahkan, di Jepang untuk menyambut musim panas diadakan pesta kembang api yang disebut 'Hanabi Matsuri'. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai kembang api :
Kembang api adalah bahan peledak berdaya ledak rendah piroteknik yang digunakan umumnya untuk estetika dan hiburan. Salah satu bentuk kembang api yang umum adalah dalam pertunjukan kembang api. Kembang api menghasilkan empat efek primer: suara, cahaya, asap, dan bahan terbang (contohnya confetti). Kembang api dirancang agar dapat meletus sedemikian rupa dan menghasilkan cahaya yang berwarna-warni seperti merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu, dan perak. Pertunjukan kembang api umum di seluruh dunia dan merupakan titik pertemuan banyak pesta kultural dan religius.
Kembang api ditemukan di Cina untuk menakut-nakuti roh jahat, sebagai perkembangan dari penemuan lainnya yaitu bubuk mesiu. Perayaan dan festival seperti Tahun Baru Imlek dan Festival Bulan pada pertengahan musim gugur masih dilengkapi dengan kembang api. Cina adalah penghasil dan pengekspor kembang api terbesar di dunia.

Biasanya kembang api dinyalakan di dekat sungai atau di pusat kota (tempat umum). Meski terlihat indah, kembang api akan berbahaya jika tak terkendali. Kecelakaan kecil maupun besar pernah terjadi ketika pesta kembang api berlangsung, dari yang berdampak luka-luka sampai kebakaran hebat. Just for your information, di negara Jepang tidak sembarangan orang bisa membuat kembang api dan menyalakan kembang api tersebut. Jadi, saran admin tetaplah ikuti aturan mainnya kalau tidak mau terbakar. ^^

credit : id.wikipedia.org and google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar