Dunia Maya atau yang sering disebut dengan Media
Maya atau internet adalah salah satu media atau dunia firtual yang sengaja
dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia atau interaksi antara satu orang
dengan orang lainnya yang berada di tempat yang berbeda. Dengan tingkat
kebutuhan yang beragam, sehingga Internet lebih cenderung disebut dengan Dunia
Maya atau Cyber World.
Internet merupakan kepanjangan dari Interconection
Networking atau juga telah menjadi International Networking merupakan suatu
jaringan yang menghubungkan komputer di seluruh dunia.
Etika berasal dari bahasa latin, Etica yang berarti
falsafah moral dan merupakan pedoman cara hidup yang benar dilihat dari sudut
pandang budaya, susila dan agama. Etika berasal dari bahasa Yunani yaitu Ethos
yang berarti kebiasaan, watak.
Etika memiliki banyak makna antara lain :
- Makna pertama : semangat khas kelompok tertentu, misalnya ethos kerja, kode etik kelompok profesi.
- Makna kedua : norma-norma yang dianut oleh kelompok, golongan masyarakat tertentu mengenai perbuatan yang baik-benar.
- Makna ketiga : studi tentang prinsip-prinsip perilaku yang baik dan benar sebagai falsafat moral. Etika sebagai refleksi kritis dan rasional tentang norma-norma yang terwujud dalam perilaku hidup manusia.
Dengan tingkat kebutuhan yang beragam, sehingga
Internet lebih cenderung disebut dengan Dunia Maya atau Cyber World dengan
fungsi yang beragam antara lain :
- Menghubungkan orang dengan komputer, contohnya; Remote connections untuk pengecekan terhadap sekian banyak servers (belasan) yang tersebar dibeberapa tempat (kota dan negara);
- Menghubungkan komputer dengan komputer, contohnya; Remote connections terhadap setiap PC yang terhubung dengan jaringan LAN di network tertentu;
- Menghubungkan orang dengan bank, contohnya; Internet Banking;
- Menghubungkan orang dengan orang, contohnya; Surat menyurat, atau yang disebut e-mail. Fax through internet (internet Fax);
- Menghubungkan orang dengan instansi tertentu, contohnya; Hackers. Karena internet bersifat open loop, walaupun setiap jaringan tertentu memasang security;
- Menghubungkan orang dengan profesional bidang tertentu, contohnya; Dunia medic. (Dokter jaman sekarang bisa melakukan operasi or diagnosis dari jarak ribuan miles dengan menggunakan media internet, tidak lagi harus didepan sang pasien.)
Masih banyak lagi contoh dalam pengaplikasiannya
dalam kehidupan sehari-hari. Ini menunjukkan tidak adanya batasa ruang dan
waktu untuk berinteraksi atau berkomunikasi dengan adanya Dunia Maya ini.
Perkembangan internet yang begitu pesat menuntut
dibuatkannya aturan-aturan atau etika beraktifitas di dalamnya. Berikut ini
adalah beberapa alasan pentingnya etika dalam dunia maya :
- Pengguna internet berasal dari berbagai negara yang memiliki budaya, bahasa dan adat istiadat yang berbeda.
- Pengguna internet merupakan orang yang hidup dalam anonymouse, yang mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi.
- Bermacam fasilitas di internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis / tidak etis.
- Harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat yang memungkinkan masuknya ‘penghuni’ baru. Untuk itu mereka perlu diberi petunjuk agar memahami budaya internet.
Ketika berinteraksi atau berkomunikasi dengan
dunia maya memang tidak ada batasan ruang dan waktu. Meskipun demikian,
sebaiknya juga harus diperhatikan bagaimana etika yang baik.
Pembobolan Situs KPU (Hacking)
Pada hari Sabtu, 17 April 2004, Dani Firmansyah (25
th), konsultan Teknologi Informasi (TI) PT Danareksa di Jakarta berhasil
membobol situs milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) di http://tnp.kpu.go.id dan
mengubah nama-nama partai di dalamnya menjadi nama-nama unik seperti Partai
Kolor Ijo, Partai Mbah Jambon, Partai Jambu, dan lain sebagainya. Dani
menggunakan teknik SQL Injection (pada dasarnya teknik tersebut adalah dengan
cara mengetikkan string atau perintah tertentu di address bar browser) untuk
menjebol situs KPU. Kemudian Dani tertangkap pada hari Kamis, 22 April 2004.
Alasannya : Seiring perkembangan internet yang
benar-benar pesat dan diiringi perkembangan security dan underground,ada banyak
kemungkinan yang terjadi diantaranya adalah:
1. Wanna Be A Hacker ( ingin menjadi seorang
hacker ).
2. Mendapatkan popularitas.
3. Ingin mendapat pujian.
Solusi : Melalui sosialisasi yang tepat dan
strategi yang baik, keberadaan para individu hacker yang berkembang di
masyarakat dapat dijadikan sebagai sebuah kesempatan untuk meningkatkan kinerja
keamanan beraneka ragam sistem komputer yang dimiliki oleh masyarakat, agar
tidak terhindar dari serangan dan penetrasi pihak luar yang dapat merugikan
bangsa dan negara.
Pelanggaran Hak Cipta di Internet
Seseorang dengan tanpa izin membuat situs
penyayi-penyayi terkenal yang berisikan lagu-lagu dan liriknya, foto dan cover
album dari penyayi-penyayi tersebut. Contoh : Bulan Mei tahun 1997, Group Musik
asal Inggris, Oasis, menuntut ratusan situs internet yang tidak resmi yang
telah memuat foto-foto, lagu-lagu beserta lirik dan video klipnya.
Alasannya : Grup musik tersebut yang dapat
menimbulkan peluang terjadinya pembuatan poster atau CD yang dilakukan pihak
lain tanpa izin.
Solusi : Pelanggaran hak cipta secara online juga
mencakup pembajakan DMCA, layanan internet perlindungan hak cipta yang sedang
berlangsung, layanan berlangganan perlindungan hak cipta secara online,
anti-pembajakan perlindungan dan pelayanan pemberitahuan pelanggaran hak cipta
dan pelanggaran hak cipta situs.
source : pakiahsampono, kaaeka, sang-aktor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar