Pages

Kamis, 26 Mei 2011

Manusia dan Negara

Manusia berinteraksi dengan makhluk lainnya untuk menyampaikan maksud dan keinginannya, interaksi yang saya maksud adalah komunikasi. Ya, komunikasi antar makhluk sangat diperlukan baik dengan isyarat tubuh, dari tulisan maupun dengan perkataan. Di tiap negara, mereka memiliki bahasa nasionalnya masing-masing atau “mother language”. Indonesia dengan keanekaragaman budaya dan masyarakatnya pasti memiliki banyak bahasa di masing-masing suku. Bayangkan jika mereka hanya bisa berbahasa suku mereka, lalu bahasa apa yang digunakan ketika bertemu dengan suku lainnya? Nah, disinilah tujuan adanya bahasa nasional.



Begitu juga ketika seorang warga negara asing yang berkunjung ke negara lain, maka secara tidak langsung dia menguasai bahasa negara tujuannya itu untuk mempermudah komunikasi meski untuk beberapa orang itu sangat sulit. Sekarang ini, zaman telah sangat berubah, kita tak perlu repot-repot mempelajari bahasa negara tujuan berlibur kita, kita hanya perlu menyewa ‘tour guide’ untuk membantu komunikasi anda dengan warga lokal.

Saling menghormati, menghargai, menyayangi satu sama lain sudah menjadi tanggung jawab sebagai makhluk hidup dan juga bisa dikatakan hak makhluk hidup tersebut. Indonesia terkenal dengan keramahan dan keindahan lautnya, jadi tanpa mengurangi apapun kita harus menjaga pandangan tersebut atau bahkan kita harus menambah nilai positif untuk negara kita.

Rasa cinta tanah air sudah harus ditanamkan sedini mungkin sehingga tanpa ditegur mereka sudah memiliki dan mengamalkan rasa cinta itu. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk negara ini, seperti ; membuang sampah pada tempatnya, menjaga dan melestarikan tumbuhan dan hewan yang ada, mendaur ulang barang-barang bekas. Hal-hal kecil itu bisa secara perlahan kita lakukan pada diri sendiri dan tanpa disadari orang dekat anda pun ikut serta. Tidak perlu melakukan demo atau anarkisme, pemerintah pun sudah memiliki tanggung jawabnya masing-masing.

Jadi, apa yang kamu tunggu? Cintailah Tuhanmu, dirimu dan negaramu, maka kamu pun akan dicintai. Go green and say no to drugs !


“Untuk menjadi yang terbaik tidak harus datang dari orang lain, mulailah dari dirimu sendiri maka hasilnya akan menjadi terbaik”

Oleh : Fitri Puspitasari, Sistem Informasi (2010/2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar